Kamis, 05 Mei 2016

Perintah shalat jum'at untuk pria & wanita

Diantara banyak ayat, saya ambil dua ayat perintah untuk orang-orang beriman, Perintah puasa ramadhan:
2/183 Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu semoga kamu menginsafi. (2/177, 2/187, 42/13)
Perintah shalat jum'at:
62/9 Wahai orang-orang beriman, ketika diserukan untuk shalat dari hari Jum’at, berusahalah kepada memikirkan Allah (678) dan tinggalkanlah niaga. Itulah yang baik bagimu jika kamu mengetahui. (3/139, 83/22)
62/10 Ketika shalat itu sudah terlaksana maka bertebaranlah di bumi dan carilah karunia Allah serta banyaklah mengingat Allah supaya kamu menang. (3/139, 83/22)
jika kita perhatikan awal kalimat dari kedua ayat diatas diawali dengan "hai orang-orang beriman", ini berarti seruan untuk orang-orang beriman yang terdiri dari pria & wanita. jadi perintah ini ditujukan untuk pria & wanita, jadi bukan hanya pria saja atau wanita saja.
Perintah puasa ramadhan & shalat jum'at sama kedudukannya untuk semua orang-orang beriman.
Yang jadi persoalan sekarang, sering kali di setiap masjid saat shalat jum'at wanita sering tak melaksanakannya di masjid walaupun tak ada beban yang jadi pengahalang, dengan alasan shalat jum'at bagi wanita itu tidak wajib.. :)
sekarang tinggal bagaimana kita menyikapinya, mau alqur'an jadi pedoman atau yang lain.. :)
salamun'alaikum

Tidak ada komentar: